Sabtu, 25 Agustus 2012

Menyantap Makanan Sehat Usai Lebaran

           Setelah sebulan berpuasa, sering kali kita merayakan Idul Fitri dengan aneka hidangan yang menggugah selera, tak jarang membahayakan kesehatan karena makanan yang disajikan kaya kolesterol.
         Sangat disayangkan jika tubuh yang sudah dilatih memiliki pola makan teratur selama Ramadhan harus "digempur" aneka hidangan yang mengandung kolesterol tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memilah jenis makanan yang dikonsumsi demi kesehatan.

Berikut ini lima jenis makanan yang disarankan untuk membantu menurunkan kolesterol serta melindungi jantung dan pembuluh darah.
1. Bubur gandum
Bubur gandum atau oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol buruk. Serat larut ini juga bisa ditemukan pada jenis makanan lain, seperti apel dan pir. Konon serat yang larut diyakini mampu menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan Anda. 
2. Kacang walnut dan almond
Dari berbagai studi yang telah dilakukan, walnut secara signifikan dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Maklum saja, kacang ini mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Kacang almond dapat membantu menurunkan kolesterol apabila dikonsumsi rutin sekitar empat minggu.

3. Ikan
 Sampai saat ini, banyak penelitian yang mendukung manfaat mengkonsumsi ikan untuk menurunkan kolesterol karena umumnya ikan kaya kandungan asam lemak omega-3. Terlebih lagi asam lemak omega-3 membantu kerja jantung dengan beragam cara, seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah.
Kripik Ikan MinaRasa


4. Minyak zaitun

Minyak zaitun termasuk salah satu jenis asupan yang mengandung campuran antioksidan potensial yang dapat menekan kolesterol tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL). Bahkan Anda disarankan untuk mengkonsumksi sekitar dua sendok makan minyak zaitun setiap harinya untuk menjaga jantung tetap sehat.
5. Makanan yang difortifikasi 
Margarin, jus jeruk, atau yoghurt yang sudah difortifikasi dengan sterol konon bisa menurunkan LDL Kolesterol hingga 10 persen.
Sumber: Harian Kompas, Jumat, 24 Agustus 2012 kolom Wisata Boga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar